"Tortor Lingkungan Hidup" Taman Eden 100

"Tortor Lingkungan Hidup" Taman Eden 100

Pesta Danau Toba 2010 akan dihelat kembali pada bulan Oktober ini, tepatnya tgl. 20 Oktober 2010 akan diadakan Acara Pembukaan yang bertempat di Open-Stage kota turis Parapat.

“Taman Eden 100” akan ikut serta dalam mensukseskan acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat ini, yaitu dukungan dalam melestarikan Lingkungan Hidup Kawasan Danau Toba yang asri dan sejuk melalui penanaman pohon dilingkungan masyarakat disekitar Danau Toba yang akan digambarkan dalam sebuah Tortor (tarian) tradisonal Batak Toba yaitu “Tortor Lingkungan Hidup” binaan Taman Eden 100.

“Tortor Lingkungan Hidup” adalah sebuah tarian bagaimana kita harus memelihara lingkungan kita dengan menanam pohon supaya kelak anak cucu kita juga dapat menikmatinya. Gerakan tortor yang dinamis dan penari yang gemulai ini akan diiringi dengan Gondang Batak Sabangunan, merupakan sebuah gerakan yang mencontohkan penanaman pohon mulai dari bibit sampai akhirnya menuai hasilnya.

Tortor Lingkungan Hidup ini adalah sebuah inspirasi dan ciptaan Marandus Sirait dan Obeth Sihotang sebagai instruktur penarinya, sebelumnya sudah diperkenalkan kepada masyarakat pada Acara Perayaan 17 Agustus 2010 di Taman Eden 100.

Diharapkan untuk kedepan tarian ini akan dapat menambah kekayaan tortor tradisional Batak Toba, bahkan diharapkan akan dapat diterima oleh semua pihak terutama tokoh-tokoh adat dan suku-suku lain diluar suku Batak Toba, karena makna dan inspirasi yang terkandung dalam tarian/tortor ini adalah sangat mulia dan tujuannya adalah untuk kepentingan bersama.

Mari, ayo saksikan dan nantikan pada Acara Pembukaan Pesta Danau Toba di Parapat, 20 Oktober 2010, dan mari kita bebaskan hutan kawasan Danau Toba dari pengerusakan.

Salam Lestari.

Redaksi Website “Taman Eden 100”

Marihot Sirait