Written by Redaksi Web
Friday, 13 August 2010 06:04

Marandus Sirait peraih penghargaan Kalpataru tahun 2005 yang diserahkan Presiden RI untuk kategori perintis lingkungan kembali menuai prestasi sebagai Juara III Kader Konservasi Alam tingkat Nasional tahun 2010 yang merupakan penghargaan peran serta masyarakat di bidang Konservasi Sumber Daya Alam.

Dalam kesempatannya setelah audiensi dengan Pelaksana tugas Sekdakab Toba Samosir, Ir Saibon Sirait, Rabu (11/8), Marandus Sirait yang juga sehari-harinya mengelola Taman Eden 100 di Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir.

Dia mengatakan bahwa nantinya para penerima penghargaan kader konservasi alam ini, diundang untuk mengikuti temu karya/sarasehan yang akan berlangsung mulai tanggal 14 sampai 18 Agustus 2010 di Jakarta sekaligus diundang hadir dalam Sidang Paripurna DPR RI tanggal 16 Agustus 2010 dan Upacara Kenegaraan Pengibaran Bendera di Istana Negara tanggal 17 Agustus 2010 yang akan datang.

Dikatakan bahwa dirinya merupakan Juara I Tingkat Sumatera Utara, sedangkan untuk tingkat nasional meraih juara III dari 17 provinsi se Indonesia yang mengikuti penilaian tersebut.

Marandus Sirait menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang mengembangkan Taman Eden 100 sebagai tempat wisata yang bernuansa lingkungan sekaligus sebagai tempat dalam memberikan pengertian kepada masyarakat untuk melestarikan lingkungan dan saat ini di Taman Eden sedang dibangun tempat pemancingan.

Selain itu, kata Marandus, kami juga mengembangkan kesenian Tari Tortor Lingkungan Hidup dan untuk Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 65 ini di Taman Eden 100 juga akan mengadakan perlombaan tradisional berupa lomba memancing dan lomba rakit bambu, selain itu juga akan diselenggarakan penanaman pohon, pelepasan Ihan Batak dan burung.

“Kegiatan ini yang dapat kami lakukan dalam melestarikan lingkungan hidup, tanpa dukungan dari masyarakat, kegiatan yang kami lakukan tidak ada apa-apa. Untuk itu kami sangat berharap kepada masyarakat agar kita bersama-sama dapat melestarikan lingkungan ini demi anak cucu kita nantinya”, harapnya.

JHONNY SIMANJUNTAK | GLOBAL | TOBASA