Link : http://hariansib.com

Posted in Pariwisata by Redaksi on Juli 5th, 2009

Sekdaprovsu : Pesta Danau Toba Aset Bangsa Harus Dilestarikan dan Dikembangkan.Danau Toba

Medan (SIB)
Sekdaprovsu DR RE Nainggolan MM mengatakan, Pesta Danau Toba (PDT) merupakan aset bangsa yang harus dilestarikan, dikembangkan dan disosialisasikan. Even ini telah menjadi suatu agenda kepariwisataan nasional dan diharapkan, kabupaten/kota di kawasan Danau Toba mendukung kegiatan ini khususnya kabupaten/kota di kawasan Danau Toba.
Demikian Sekdaprovsu didampingi Kadis Pariwisata Provsu Ir Hj Nurlisa Ginting MSi dan Ketua Panitia Pesta Danau Toba Sujono Manurung SE, Selasa (30/6) pada Rapat Persiapan PDT 2009 di Aula Kenanga Kantor Gubsu yang dihadiri perwakilan kabupaten/kota dan instansi terkait.
Sekdaprovsu juga menyatakan agar dibentuk tim khusus untuk melakukan sosialisasi bagaimana membangun dan menyiapkan waktu demi waktu (budget time) dan juga memberikan penghormatan kepada kabupaten/kota di kawasan Danau Toba tentang kontribusi kegiatan PDT, juga segenap hotel di kawasan tersebut menjadi co-sponsor serta road show panitia harus lebih tajam mengingat waktu hanya sebulan untuk mempersiapkan kegiatan ini.
“Pesta Danau Toba aset bangsa, harus dilestarikan, dikembangkan dan disosialisasikan. PDT 2009 harus didukung semua elemen karena ini even yang menarik dan dapat mengembangkan sektor pariwisata khususnya di Sumut,” ujar Sekdaprovsu seraya menyatakan rasa optimisnya bahwa PDT 2009 akan terlaksana dengan baik mengingat unsur kepanitiaan tokoh-tokoh profesional yang sudah punya pengalaman pada PDT 2008 lalu.
Sekdaprovsu juga menyebutkan bahwa PDT 2009 ini mendapat dukungan penuh dari Departeman Pariwisata, untuk itu diharapkan juga agar tetap dilakukan koordinasi dan kerjasama sehingga pelaksanaan PDT 2009 dapat berjalan dengan baik.
Paparan dan Rapat Persiapan PDT 2009 ini juga diikuti antara lain DR Januari Siregar SH (pembina), Dicky Tarigan (sekretaris), AKBP Silalahi, Merlin Simanjuntak, Jansen Hutagalung, Ketua Asita Sumut Solahuddin Nasution, perwakilan tujuh kabupaten/kota kawasan Danau Toba dan sponsor. Selain itu dari Jakarta hadir Heri Wirgo dan Ari Wibowo dan memberikan paparan kegiatan PDT 2009.
Sementara itu, Ketua Panitia PDT 2009 Sujono Manurung SE menyebutkan, PDT 2009 tidak jauh beda dengan PDT 2008 yang pelaksanaannya meriah dan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah menteri kabinet. PDT untuk membangkitkan kembali pamor Danau Toba sebagai ikon kepariwisataan Sumut dan perlu teris dipertahankan keberadaannya serta ditingkatkan kualitasnya.
“Terpenting menjaga konsistensi dan kontinuitas even PDT sebagai sebuah kalender tetap pada kegiatan tahunan kepariwisataan di Sumut. PDT 2009 sekaligus bagian dari rangkaian kegiatan Visit Indonesia Year 2009,” ujar Sujono seraya menyebutkan bahwa thema PDT 2009 ‘Menggairahkan Kepariwisataan Sumut dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Daerah’.
Sementara itu, Ari Wibowo dalam paparannya menyebutkan PDT 2009 selain mendukung pelestarian seni budaya dan mempromosikan potensi Sumut di bidang pariwisata dan sektor ekonomi lainnya. Pelaksanaan PDT 2009 yakni 5-9 Agustus 2009, pembukaan dan penutupan di Parapat serta tempat-tempat kegiatan kota-kota tujuan wisata.
Jenis kegiatan seni budaya, olahraga dan pendukung serta hiburan dengan cakupan pentas seni budaya, gebyar panggung Danau Toba, festival kuliner, pemilihan putri Danau Toba, pameran kebudayaan, lomba marching band, festival vokal grup, lomba karya ukir, lomba jalan sehat, voli pantai, lomba dayung, lomba renang, pameran produk, festival kapal hias, lomba hias kios, lomba mancing, lomba ketrampilan anak, catur raksasa, dan Parapat touring. (M3/v)