Toba Orchid Park

Toba Orchid Park

Ya, Sumatera Utara kini telah memiliki sebuah taman konservasi anggrek yang pertama yaitu berada di lokasi Taman Eden 100. Taman konservasi (penangkaran) anggrek khas Toba pertama ini diresmikan pada Sabtu, 14 February 2009 dengan cukup meriah dan sangat mendapat antusias dari semua pihak. Taman Anggrek (Toba Orchid Park) seluas 1.000 meter persegi itu pada tahap pertama sudah mengumpulkan dan memamerkan 100 jenis anggrek hutan dari perbukitan Taman Eden 100 Kecamatan Lumban Julu. Ketua Forum Peduli Anggrek Toba dr. Ria Telaumbanua sekaligus pemrakasa Taman ini mengatakan, koleksi itu diturunkan dari perbukitan dengan ketinggian antara 1.000 dan 2.000 mdpl

Dengan diresmikannya taman konservasi Anggrek Toba ini kita mengharapkan kepada seluruh masyarakat di kawasan Danau Toba dan sekitarnya supaya lebih mengenali lingkungan alam Danau Toba, karena ternyata kawasan ini diberikan Tuhan sangat kaya, sepertinya masyarakat kita belum memahami atau mengenali alam lingkungannya. Diharapkan masyarakat dapat bekerjasama untuk menyelematkan lingkungan alam Danau Toba. Kepada masyarakat pecinta anggrek juga sangat diharapkan untuk mau membantu dalam pelestarian konservasi Anggrek Hutan di Taman Eden ini, ujar Ria.
Orchid Park (Toba Orchid Park) yang pertama di Sumatera Utra ini diresmikan dengan melakukan pengguntingan pita oleh Penasehat Forum Peduli Anggrek Toba Ny Luceria D L Sitorus Br Siagian didampingi oleh pengelola Taman Eden 100 Marandus Sirait dan bersama undangan lain seperti Tokoh Masyarakat, Caleg 2009, dan Pecinta Anggrek yang datang dari berbagai daerah.