Ada berita menarik dari Taman Eden 100 bagi pencinta dan pehobby Anggrek di Indonesia, bahwa Taman Eden 100 akan segera memiliki Taman Anggrek yaitu sebuah Taman pengembangbiakan dan pembudidayaan Anggrek khas hutan Taman Eden 100. Taman Anggrek ini diprakarsai dan dibiayai sepenuhnya oleh seorang dokter yang sangat mengagumi anggrek yaitu Dr. RIA TELAUMBANUA bekerja sama dengan pemilik/pengelola Taman Eden 100 selaku penyedia lahan dan jenis-jenis anggrek hutan.

Awal mula rencana ini adalah saat ibu dokter ini pernah berkunjung ke Taman Eden 100 dan masuk hutan untuk menikmati sejuknya hutan, disana-sini dia menemui banyak sekali jenis anggrek yang memang sangat banyak di hutan ini. Sehingga timbullah ide dan niat untuk membuat sebuah taman pengembangbiakan anggrek khas hutan Taman Eden 100. “Ngapain kita jauh-jauh ke daerah lain mencari anggrek, sementara di sekitar kita ini sangat banyak dan semuanya bagus-bagus,” katanya.

Taman Anggrek ini akan diresmikan pada hari Sabtu, 14 February 2009 dan akan menghadirkan para pakar anggrek dan unsur pemerintahan/pariwisata setempat.

Untuk saat ini pada tahap pertama sudah ada sekitar 100 spesies anggrek khas Taman Eden 100 yang sudah dikembangbiakkan, dan untuk tahap kedua akan mencoba mengembangbiakkan semua jenis anggrek yang ada di hutan Taman Eden 100, diperkirakan sekitar 200 spesies.

Diharapkan nantinya Taman Anggrek ini sangat berguna bagi masyarakat pencinta dan pehobby anggrek.

Datang dan nikmatilah betapa kayanya hutan kita jika kita selalu memelihara dan melestarikannya.

Salam lestari.