Sumber : Website Harian SIB, Jumat 18 Juli 2008 ; http://hariansib.com

Simalungun ( SIB )
Kunjungan spektakuler Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiga hari dua malam di Sumut akan disambut ratusan ribu warga. Khusus di Kabupaten Simalungun akan menghadiri Pesta Danau Toba dan Panen Raya di Panombean Pane. Masyarakat bakal ketiban bantuan Rp 1 triliun lebih.
Koordinator Panitia Panen Raya di Simalungun Drs Jumsadi Damanik MM, Kamis ( 17/ 7 ) menuturkan rencana perjalanan Presiden SBY selama tiga hari dua malam di Sumut. Kalau iring – iringan melalui jalan darat Medan – Parapat, Jumat (18/7) maka di sepanjang jalan rombongan akan disambut ratusan ribu massa di dalamnya termasuk anak sekolah dan sipil.

Usai menghadiri Pesta Danau Toba, rombongan presiden direncanakan melaksanakan panen raya di Panombeian Kecamatan Panombeian Pane yang akan disambut sekitar 3. 000 – an massa di dalamnya termasuk kelompok tani, Sabtu (19/7). Acara panen raya direncanakan dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti temu wicara dengan kelompok tani di areal persawahan, pemberian bantuan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ), alat – alat pertanian, dana PNPM dan penyerahan 3. 000 paket sembako.
Beberapa badan usaha yang turut menyerahkan bantuan KUR seperti BNI menyerahkan Rp 104 miliar lebih kepada 700 lebih kelompok usaha, Bank Mandiri menyerahkan Rp 119 miliar disalurkan bagi 1014 lebih kelompok usaha dan BRI akan menyalurkan Rp 299, 84 miliar bagi 4000 lebih kelompok usaha.
Sedangkan pihak PTPN III akan menyerahkan 10 unit hand tractor, PTPN IV menyerahkan 10 unit hand tractor, BNI menyerahkan 5 unit hand tractor, Gubsu Syamsul Arifin SE menyerahkan 10 unit hand tractor dan Bank Mandiri menyerahkan 1 unit hand tractor kepada kelompok tani.
Selain penyerahan alat – alat pertanian, pihak Bank Mandiri dikatakan juga berpartisipasi meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat berupa pembangunan pengadaan air bersih di empat desa di Kecamatan Panombeian Pane.
Untuk mendukung Program Nasional Pembangunan Masyarakat ( PNPM ) Presiden akan menyerahkan bantuan Rp 414, 97 miliar kepada Gubsu Syamsul Arifin SE. Dana tersebut selanjutnya akan disalurkan ke masing – masing daerah di Sumut yang membutuhkannya.
Sementara, menurut Kasubdis Agribisnis Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun Ir Akim Purba yang ditemui di lokasi panen raya, tanaman padi yang akan dipanen Presiden yaitu varietas chiherang.
Luas hamparan yang akan dipanen 1. 013 Ha di Panombeian Pane, sedangkan luas pertanaman padi di wilayah Kabupaten Simalungun pada semester pertama ini dikatakan mencapai 45. 000 Ha.
Berdasarkan hasil ubinan yang dilaksanakan tim dari BPS pusat dikatakan, produktivitas mencapai 8, 225 ton/Ha. Dan, untuk meningkatkan produksi pertanian dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan nasional, Presiden dikatakan akan menyerahkan benih padi, jagung dan kedelai diprakirakan senilai Rp 15, 5 miliar untuk kebutuhan pertanian di Sumut.

PERESMIAN SKPD
Pada acara panen raya, Presiden SBY direncanakan akan menandatangani prasasti peresmian SKPD ( Satuan Kerja Perangkat Daerah ) di Raya. Pembangunan kantor bupati dikerjakan dengan sistim multi years berbiaya Rp 106 miliar lebih, dikerjakan PT Bungo Pantai Bersaudara.
Direktur Cabang PT Bungo Pantai Bersaudara Ir Batara Tambunan secara terpisah menyebutkan, setelah peresmian akan dilaksanakan pemeliharaan bangunan sesuai dengan aturan main yang berlaku. Pihaknya juga tetap bersedia menjadi investor di Sumut.