ompu-ompu.jpgOppu-oppu. Jika anda adalah suku Batak, pasti kata oppu-oppu sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena jika ada orang tua yang meninggal (sudah mempunyai cucu/pahoppu) maka tumbuhan yang satu ini pasti tidak pernah ketinggalan baik saat dalam acara adat sampai penanaman oppu-oppu di makam/kuburannya. Entah apa makna yang tersirat didalamnya, saya kurang faham dan mengerti, tapi itulah adat harus dijunjung tinggi.

Oppu-oppu, sangat manjur jika dibuat jadi obat. Konon dahulu kala, cieee …., para datu pangubati kalau mau mengobati patah tulang atau keseleo urat, daun tumbuhan inilah yang dibuat jadi obatnya. Tapi sekarang datu sudah berlalu, yang ada adalah petuah-petuah orang tua. Petuah orang tua jika patah tulang atau keseleo cukup dibalut dengan daun oppu-oppu yang sudah diolesi dengan minyak goreng, akan lekas sembuh. Iya apa ya?

Disamping jadi obat, juga tanaman ini rupanya sangat indah juga apalagi saat berbunga. Saya menanam oppu-oppu ini di dalam pot setahun lalu, dan sekarang sudah berbunga, indah sekali.

Siapa bilang tanaman ini adalah tanaman penghias kuburan? Ah, tidak.

Lihat saja, daun dan bunganya, menawan kan?

Salam.

Marihot.