Alam yang diciptakan Tuhan untuk kesejahteraan kelangsungan hidup manusia dan makhluk lain di bumi, adalah merupakan tanggung jawab kita semua untuk memelihara dan melestarikannya.

Demikianlah  Taman Eden 100 yang terletak di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara adalah salah satu wujud nyata pelestarian alam dan lingkungan hidup, dengan motto “USAHAI DAN LESTARIKANLAH BUMI”.

 Nama Taman Eden 100 tentu juga mempunyai arti yaitu disini ditanami 100 jenis pohon berbuah yang dapat dimakan, wah asik juga ya…Yang tak kalah menarik, juga di taman ini ditanami berbagai jenis pohon dan bunga-bunga khas daerah ini, membuat kita akan merasakan kesejukan dan kenyamanan bila kita datang ke tempat ini, angina yang selalu berhembus dingin membuat kita bertambah betah untuk berlama-lama disini. Sebagai taman yang sekaligus menjadi agrowisata ini, tentu peran para pengunjung juga tidak luput dari keikut sertaan mereka dalam melestarikan bumi dan lingkungan disini, dimana pengunjung juga disediakan bibit tanaman atau pohon untuk ditanam di taman ini, dan namanya akan diabadikan dengan memberi merek pada pohon tersebut yaitu : nama penanam, asal penanam, nama tanaman, tanggal penanaman. Dan sudah sangat banyak orang yang telah menanam pohon di Taman ini baik lokal maupun mancanegara, dan tak ketinggalan juga nama-nama para pejabat-pejabat penting dan artis ada tercatat disini. Sangat menarik bukan? Coba kita bayangkan bila kita menanam pohon disini saat ini dan kelak di masa depan, keturunan kita akan berkunjung ke Taman ini untuk melihat dan memetik buah pohon yang kita tanam. Wah, sangat menyenangkan sekaligus menjadi kenangan yang manis bagi mereka kelak.   Juka sedang berada di Taman ini, kita pasti akan merasakan kesejukan dan ketenangan dimana hamparan tumbuh-tumbuhan yang hijau dan pohon-pohon tinggi dan bunyi gemercik air mengalir dan kicauan burung-burung setiap saat dapat kita rasakan. Sehingga tidaklah berlebihan jika taman ini adalah bayangan Taman Eden yang sebenarnya yaitu tempat manusia pertama Adam dan Hawa ditempatkan oleh TUHAN. Air yang selalu mengalir tak henti-hentinya akan meberi kehidupan bagi semua makhluk yang ada disini. Objek menarik yang dapat dijelajahi di lokasi ini antara lain keindahan alam, dimana kita dapat bermanja-manja disini dengan menikmati sejuk dan indahnya air terjun, juga menikmati indahnya bunga-bunga yang tumbuh disekitar hutan disini misalnya anggrek-anggrek yang masih langka ada disini, tapi jangan coba-coba memetik dan mengambilnya karena kita harus melestarikannya. Hutan yang masih asli dan belum pernah direboisasi ini sangat kaya dengan keindahan dan keunikan, lihat saja jenis-jenis anggrek yang tumbuh disini sangat unik dan langka baik dalam hal bentuk bunga maupun warna bunganya. (bersambung)