Beranda

tentang kami

Berbagai objek yg akan dilihat seperti, air terjun, goa kelelawar, bukit manja ( lake toba view). Kebun anggrek toba, alam bebas dan trekking, dan juga ada lokasi untuk camping ground. Semua ini terdapat di hutan taman eden yg masih alami yg luasnya mencapai 40 hektar, juga taman eden selalu melakukan visi dan misi untuk lingkungan hidup. Penyediaan bibit bibit pohon, bibit bibit gratis, berbagai bibit bibit pohon langka, juga pohon pohon khas batak, jabi jabi, anturmangan, tunggal panaluan, dan masih banyak.
Taman eden adalah mengutamakan lingkungan hidup hijau dan salah satu tempat wisata yang bergerak dalam lingkungan hidup dan pada akhirnya menjadi taman konservasi alam samapi pada saat ini. Disini para pengunjung bisa menanam pohon dan menjadi miliknya.
Taman eden telah banyak melakukan aksi dan kampanye lingkungan hidup, yaitu penanaman pohon di tepian danau toba dan di pinggir pinggir jalan. Kegiatan ini selalu dilakukan oleh taman eden yg dipimpin oleh anak dari l.sirait, marandus sirait yg pernah menerima kalpataru dari presiden langsung pada tahun 2006. marandus sendiri adalah seorang perintis lingkungan hidup, mengelola tempat wisata yang tidak ada menyulap menjadi ada di hutan,yang memang untuk memulai itu marandus sirait butuh waktu perlahan lahan dan lama dan juga usaha sangat bekerja keras sampai saat ini. dan cita cita marandus sirait kedepannya taman eden adalah menjadi salah satu tujuan tempat wisata di kabupaten tobasa.
Taman eden berawal dari sebuah keluarga yang di idekan oleh putra l sirait, marandus sirait dan akhirnya menjadi penjaga hutan sekaligus tempat wisata dan melindungi hutan Indonesia dan menyelamatkan sebagian bumi yang kita huni ini.
thank you !

97 Komentar (+add yours?)

  1. tanobatak
    Nov 25, 2007 @ 12:18:59

    Apa hubungan lae dengan pak Marandus Sirait? Setahuku beliau yang mengelola Taman Eden 100 dan pernah medapatkan Kalpataru atas prestasinya.

    Balas

    • ela
      Mei 15, 2013 @ 17:00:53

      slamat ya pak…semoga sukses terus tuhan memberkati i hope one day i am there nice to meet you

      Balas

      • tamaneden100
        Mei 16, 2013 @ 13:10:03

        thanks you so much ela.
        mohon dukungannya.. lestari

  2. Alfonco Sinaga
    Nov 25, 2007 @ 17:10:55

    Horas Lae

    Martulang do nian lebih tepat, ala boru Sirait do Oma, natua-tuai tinggal di Sipanganbolon. Molo hami sekeluarga tinggal di Switzerland, ala karejo dison. Hualap boru Sitorus, sada dakdanak bawa, 4.5 th.

    Na adong do di Taman Eden karejo, anggiku, ima anak ni adek ni Oma na marpariban, goarna si Rinto Gultom. Gabe ditinggalhon ibana do sikkolana di IKIP gabe kembali ibana tu Taman Eden, memang tikki SMA pe ibana nga karejo di Taman Eden on.

    Alai nga leleng hami dang pajuppang dohot si Rinto, hape sanga hian do hami rap tikki dakdanak di jabu ni Oppung Pdt Sirait di Perbatasan, atik boha adong nomor telp ni si Rinto on, dilean Lae majo.

    Nionma no hpku +41762534897, mauliate.

    Salam Kenal dan Horas

    Alfonco Sinaga
    Switzerland

    Balas

  3. Marihot Sirait
    Nov 26, 2007 @ 01:40:36

    Horas Tano Batak,

    Marandus Sirait adalah adik saya nomor 3 (10 bersaudara). Saya adalah anak tertua dan tinggal di Palembang.

    Terima kasih Lae telah berkunjung ke web kami.

    Balas

    • lastri manurung
      Okt 05, 2010 @ 17:57:28

      horas ito,,,boa kabar disi???
      ni a lastri manrung tgl d siantar,,,,
      q mw nanya ni,,,klo mnrg, sitorus, sirait, butar2
      (itu smw sama kn? )))mauliate parjolo

      Balas

      • Marihot Sirait
        Okt 06, 2010 @ 09:29:15

        @ito lastri, horas juga ito, apa khabar di siantar?
        Ya ito, manurung/sitorus-sirait-butar2 adalah anak dari opputta Raja Narasaon.
        Mauliate

  4. Marihot Sirait
    Nov 26, 2007 @ 01:44:37

    Lae Alfonco di Switzerland,

    Horas Lae, kita sekampung dan masih mempunyai hubungan kekerabatan. Terima kasih Lae, nanti kalau sudah dapat no HP Rinto akan saya email ke lae.
    Salam tu ito di jabu, tapi bagaimana saya mau manggil ito ya karena inang pangittubu kami juga boru Sitorus.

    Horas ma ate.

    Balas

    • justin harianja
      Feb 16, 2012 @ 19:32:18

      bagaimana memesan tempat camping ditaman eded

      Balas

      • Marihot Sirait
        Apr 23, 2012 @ 11:54:21

        @Justin Harianja, utk memesan tempat camping di Taman Eden 100 hubungia saja no ini : HP 08126348192 a/n Marandus Sirait. terima kasih.

  5. Alfonco Sinaga
    Nov 26, 2007 @ 06:07:11

    Mauliate Lae Marihot

    Nga hutelp be anggiku si Rinto, leleng do hami makkatai, tuanima “nyasar” ahu tu website ni Taman Eden on, gabe boi makkatai au tu ibana, nga leleng dang pajuppang, hape au hian do marorot ibana tikki dakdanak, olodo lungun roha jala manetek ilu molo niingot, alana halak Uda dohot Nanguda i antong (natorasna) di panombangan do di Balam, hurang do perhatian ni halaki tu bayo on. Hera na sebatang kara ma ibana, perasaan.

    Sikkola ibana di IKIP Medan setahun berhenti, ima songonari balik ma muse ibana tu Taman Eden, didok ibana las do rohana disi ala godang kenalan baru, tamba wawasan inna. Alai alasan utama ni ibana asa so sian IKIP (jurusan PPKN), terutama ala dang sependapat dengan orang tuana, halak Uda i naeng ma nian sikkola Teologia ibana, hape bohama boi alana si Rinto dang lomo rohana Teologia, dan sian nagelleng pe, nga ditinggalhon di jabu ni Oppung, makana gabe ahu ma marorot ibana, alana ahu pe sampe SD di jabu ni Oppung do, sarupa do status nami, ahu pe sirang manusu tu jabu ni Oppung di Perbatasan, halak Bapa Oma di huta Paras do ( 2 Km sian Perbatasan )

    Sekedar info do i Lae, asa sedikit lebih dikenal Lae si Rinto on, dohot hubunganna tu ahu.

    Nga hubalas be nian tu Lae di email terpisah.

    Horasma
    Alfonco Sinaga

    PS. huberen di email ni Lae, PLM NEWSHIP, aha do i Lae

    Balas

    • DOMEN SINAGA
      Jun 25, 2010 @ 18:13:35

      HORAS ma dihita sude
      au Domen Sinaga huta nami Di siantar batu 4 jl . Asahan .
      Inata Soripada boru Pasaribu sian barus. tinggal nami saonari di jakarta , terkesan do au apara mengenai cerita mi, jd molo frofesiku Trader Pialang di market Global melalui internet. jadi ml adong natertarik boi do hita kerja sama.

      on ma no hpku.: 0813 1624 0032

      TUHAN JESUS MEMBERKATI.

      Balas

  6. Marihot Sirait
    Des 06, 2007 @ 01:32:50

    Mohon doa dari temen-teman, sobat, keluarga, atau siapapun yang berkunjung ke situs ini. Buah hati yang kami dambakan dan harapkan selama bertahun-tahun akan lahir bulan Januari 2008 ini menurut perkiraan dokter. Suatu anugerah yang sangat besar dan nyata dari Tuhan yang kami terima saat ini, Tuhan ternyata medengar dan mengabulkan doa kita. Amen

    Balas

  7. lusi
    Des 18, 2007 @ 09:28:00

    Syalom,

    kebetulan sekali saya buka situs ini, saya kenal dengan Bang Marandus, ya ndak kenal akrab sih…dan saya ikut dalan acara pernikahan bang Marandus, melalui web ini saya harapkan kabarnya baik dan mendapat berkat dan menjadi keluarga yang bahagia, lain waktu main lagi ah..ke taman eden…..Mari kita jaga lingkungan kita…..lusi bandung 081321160995

    Balas

  8. Marihot Sirait
    Des 19, 2007 @ 01:57:22

    Ito Lusi di Bandung,

    Terimakasih ya ito atas kunjungannya di situs kita ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa informasikan juga buat teman-tenman ito di Bandung.
    Selamat berkarir dan semoga sukses.
    Tuhan memberkati.

    Balas

  9. ervin
    Des 22, 2007 @ 09:20:13

    syalom,
    waktu sma saya pernah ke sana, wao luar biasa mann! dan masih banyak tempat @ yang luar biasa, jadi kangen, buat abang2 n smuanya yang sangat perhatian buat lingkungan n apalagi taman wisata disana jangan bosan ya.. ya.. tetap semangat dan yang terpenting adalah para penebang hutan harus brantas habis ok God bless U all and tetap smangat !!

    Balas

  10. tanobatak
    Des 24, 2007 @ 11:22:25

    Melalui on ma au mandok Selamat natal 25-56 Des 2007 dan tahun Baru tu Laeku Marandus Sirait se keluarga dohot lae Marihot Sirait di Palembang.
    “Lestarikan Bumi, selamatkan manusia, wariskan kehidupan bagi generasi kita” Horas

    Balas

  11. anasman sirait surabaya
    Des 31, 2007 @ 09:18:59

    melalui web ini kami keluarga anasman sirait dari surabaya mengucapkan selamat NATAL DAN TAHUN BARU 2008,kami doakan semoga acara bazarnya berjalan dgn lancar dan TAMAN EDEN 100 semakin banyak pecintanya dari seluruh penjuru tanah air. Kami rindu sekali ke sana…luar biasa,HEBAT DAN SUKSES buat Bang Marandus,Bang
    Marihot,Bapa,Inang, Michael dan semuanya…

    salam kangen…buat bryan yang lg liburan di sana…

    Balas

  12. Alfonco Sinaga
    Des 31, 2007 @ 17:26:40

    Horas Lae Marihot

    Kami doakan agar buah hati yang ditunggu-tunggu lahir dengan selamat, kiranya Tuhan besertanya dan kedua orangtuanya secara khusus ibunya.

    Sekaligus kami mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2008. Btw dang mulak halak Lae? Daong ra ate ala sedang “menunggu” si kecil.

    On ma Natal dan Tahun Baru pertama hami di Switzerland, dang tabo Lae, gabe masihol iba naeng mulak. Molo halak ion mungkin tabodo ai dison be do keluargana. Tangiangkon ma hami Lae asa boi mar Natal di bonapasogit taon i.

    Horas ma

    Kel. Alfonco Sinaga + Emria Sitorus + Gerald B Sinaga
    Switzerland

    Balas

  13. partalitoruan
    Jan 14, 2008 @ 03:11:32

    Horas ito
    Mauliate ma ito nunga ro ito tu bloghu, gabe huboto adong blog songonon na begitu inspiratif dan menggugah. Dang holan hata, alai memulai hal besar dari lingkungan kecil terlebih dahulu, yaitu keluarga.Salut!
    Ambal ni hata, nunga sorang paraman i, ito?Na songon dia?Mauliate ma dilean Tuhan i dihamu alusni tangiang muna i.Basa do Tuhan i.
    Horas

    Terima kasih ito Desy.
    Untuk si kecil belum sorang ito, mohon doanya, perkiraan dalam bulan ini.
    Horas.

    Balas

  14. kairo
    Jan 16, 2008 @ 03:28:46

    Horas Amang Marihot,
    mantap bah, hea do memang hu jaha taringot ni Taman Eden on, molo adong tikki ro pe ahu mardalani tusi bah. Nauli do proyek on lae, mengurangi ‘global warming’.

    bah, nga parjolo ro tuson hape ito Partalitoruan..hehehehe

    Mauliate & tabe,
    Nainggolan

    Mauliate lae Nainggolan, ditunggu kapan sempatnya untuk main ke Taman Eden 100.

    Balas

  15. tobadreams
    Jan 16, 2008 @ 09:08:56

    Horas Lae,
    salam kenal. aku respek dengan usaha yang lae lakukan demi pelestarian lingkungan di Lumbanjulu. Lanjutkan usaha yang mulia ini Lae.

    Raja Huta

    http://tobadreams.wordpress.com/

    Horas di Raja Huta i, terimakasih lae telah berkunjung ke web kita, kapan-kapan berkunjung juga ke Taman Eden 100, ya kan lae?
    Sukes lae, saya juga sering mampir di web tobadreams walaupun tidak selalu meninggalkan komentar.

    Balas

  16. emria sitorus
    Jan 16, 2008 @ 18:05:59

    Syalom ito
    Horas,salam kenal.
    Udah lama banget dengar Taman Eden bahkan tidak jauh dari rumah orangtua di kampung(perbatasan;Aeknatolu).Tapi setiap pulang kampung ngkpernah jadi jalan-jalan ke Taman Eden,Desember ini deh,harus jadi.
    Ito,semoga ‘Taman Eden’ ini terus berkembang,di berkatilah keluarga ito n semuaorang yg berkunjung kesana.Klo bisa di waktu yg akan datang di bangun sebuah GREJA disitu(di tengah-tengah Taman Eden;red)pastilebih luar biasa.

    Semoga juga kelahiran Sibuah hati terus di tuntun Tuhan,kami doakan.

    Emria Sitorus,Swiss.

    Horas juga ito, semoga ito dan keluarga sehat selalu di Switzerland. Terima kasih atas saran dan dukungannya, juga doanya buat kami.

    Balas

  17. Toga Nainggolan
    Jan 18, 2008 @ 10:09:41

    Batak memang mestinya demikian Lae, di mana pun berada, kepeduliannya kepada kampung halaman tak pernah pudar.

    Salut!

    Balas

  18. Rondang br Siallagan
    Jan 20, 2008 @ 12:32:38

    Salam kenal…
    Boleh tanya…teringatnya Taman Eden 100 ini…kapan terbentuknya, soalnya saya belum pernah dengar ketika di Indo….Terimakasih informasinya..
    Boleh sampaikan pesan, kalau boleh pohon2 pinus di daerah Parapat sekitar..jangan di tebang….soalnya keindahan Parapat/D.Toba jadi berkurang dan kelihatan gersang..

    Buat Rondang :
    Terima kasih ya telah mampir, ito berada di Australia ya?
    Taman Eden 100 dibuka untuk umum sejak Mei 2000.
    Memang pohon2 pinus di bukit Parapat sering ditebang dan terbakar, tidak tahu oleh siapa dan mengapa, mudah2an pihak yang berkaitan dapat membaca pesan dan saran ito melalui blog ini. Mari kita lestarikan alam dan hutan. Horas….

    Balas

  19. panda
    Jan 20, 2008 @ 13:17:20

    horas bah, semoga cita-cita lae, juga cita-cita kita bersama memajukan bonapasogit, bisa terwujud. salam kenal dan horas.

    Balas

  20. atapsenja
    Jan 20, 2008 @ 13:26:23

    Salam kenal ya. Makasih dah main2 ke blog aku.

    Balas

  21. johnner pasaribu
    Jan 20, 2008 @ 13:34:17

    horas lae , mudah mudahan pelestarian yang dilakukan di taman eden ini bisa di pertahankan , lae apakah wisata rohani ini melayani keluarga karena di tempat kami di samarinda kaltim hutan yang di sulap menjadi lokasi wisata rohani atau disebut phutat ,selain melayani wisata kelompok gereja dan pelajar agama kristen juga melayani keluarga karena di lokasi phutat ini di sediakan fasilitas penginapan dan tempat ibadah jadi selain berwisata kita diselingi dengan ibadah . trimakasih lae TUHAN memberkati mudah mudahan ada kesempatan ke sumut kami se keluarga berkunjung ke taman eden ini

    Lae Jonner Pasaribu :
    Terima kasih telah berkunjung di blog ini, memang taman eden 100 kita ini tujuannya adalah rohani disamping wisata alam yang begitu menarik untuk dijelajahi. Selama ini sudah banyak kelompok-kelompok baik dari gereja, sekolah, keluarga, organisasi mengadakan bermacam-macam kegiatan rohani disini, tapi kalau fasilitas penginapan memang belum tersedia dan akan menjadi inspirasi bagi pengelola. Menginap di Niagara Hotel Parapat adalah sangat tepat, karena jaraknya hanya +/- 15 km. Untuk pelayanan ibadah, Marandus Sirait (yang menetap disana) adalah seorang yang aktif didalamnya. Tempat ibadah, persis dilokasi Taman Eden 100 ada satu Gereja HKBP.
    Jika ada waktu, berkunjunglah ke Taman Eden 100.
    Syalom.

    Balas

  22. Rondang br Siallagan
    Jan 21, 2008 @ 06:08:22

    Terimakasih jawabannya..
    Ya, saya dari Australia/Sydney…pantes saya belum pernah dengar terakhir saya ke Indo/P.Samosir tahun 1999 …….Saya harap saja…kami sekeluarga ada kesempatan untuk mampir melihat Tamannya pada holiday yang akan datang…
    Disamping itu saya ingin mengucapkan Selamat atas mendapat penghargaan…walaupun terlambat.. Semoga sukses selalu……

    Tambahan pesan saya tentang pohon pinus
    Seandainya pun pohon pinus itu di tebang atau terbakar, yach saya harap ditanam kembali seperti di Australia sering kebakaran hutan…tapi mereka menanam kembali…
    Sayang D.Toba begitu indahnya kemudian melihat pegunungan kering tidak hijau…Keindahan D.Toba itu jadi berkurang…
    Di Australia/Sydney…mereka itu sangat menyintai alam/hutan termasuk suami saya…dia sangat menyintai hutan, ketika dia melihat pemandangan D.Toba tersebut terusik hatinya…Kalau dikatakan jalan2…dia lebih menyukai jalan di di bush/hutan.
    Disamping itu di setiap rumah pasti ada tanaman…
    Saya mengharapkan semoga…masyrakat sekitar menyadari bahwa pelestarian alam dan hutan sangat penting..

    Horas dan salam.

    Balas

  23. Rondang br Siallagan
    Jan 21, 2008 @ 07:20:18

    Sedikit tambahan, saya ada baca tentang fasilitas penginapan….
    Biasanya kalau di Sidney taman Wisata Alam/Hutan itu mereka menyediakan tempat penginapan untuk pribadi atau berkeluarga dan restaurant. Tempat penginapan tersebut tidak mewah bersifat standart…Disamping anak2 bisa bermain …orangtua pun bisa rileks…misalnya untuk anak2 berusia 2 tahun lebih..Saya tahu karena pernah beberapa kali yaitu untuk acara Natal …kantor suami. Selain perayaan natal tersebut…kegiatan menjelajah hutan (jalan).
    Disamping itu wisata alam/hutan di sini berupa piknik bbq, tempat bbq nya memang sudah di sediakan…Kita hanya tinggal bawa daging, kopi…dll, setelah makan…rileks…jalan jelajah hutan/bush. Saya tidak tahu apakah bisa seperti itu…di Indo…
    Disini dulu….

    Balas

  24. Rondang br Siallagan
    Jan 22, 2008 @ 08:40:16

    Tambahan, penginapan disini bukan maksudnya hotel, hanya untuk istirahat…tidak perlu ada tv mungkin kulkas/dapur umum karena untuk penyimpanan makanan seperti susu terutama apabila mereka mempunyai anak bayi.
    Dan apakah tempat wisata ini bisa dipergunakan untuk kendaraan sepeda…maksudnya sport sepeda…selain jalan kaki menjelajahi hutan, bisa juga dengan sepeda…Saya tidak tahu apakah di Indo ada seperti itu….dan apakah masyrakatnya senang dengan olahraga sepeda. Kalau di sini setiap hutan lindung….ada tempat untuk sepeda sport…Saya harap informasi ini dapat berguna untuk obyek wisata alam ini. Horas.

    Balas

  25. Tappang
    Jan 25, 2008 @ 09:11:33

    Salam kenal, lae… Makasih udah sempatin diri “nongkrong” di blogku. Aku sangat mendukung setiap usaha pelestarian hutan. Coba kita lihat akhir-akhir ini bagaimana alam itu telah murka akibat penebangan liar di mana-mana. Bukan hanya di negeri kita ini.

    Oya, lae masih punya hubungan gak, ya, sama lae Edwart Pesta Sirait, yang sutradara film ini? Aku pernah 3 bulan tinggal di rumahnya di daerah Jelambar, Jakbar. GBU.

    @ Lae Tappang,
    Terima kasih juga Lae, terima kasih dukungannya.
    Mengenai Edward Pesta Sirait, kami tidak ada hubungan kekeluargaan lae.

    Balas

  26. Robert Manurung
    Feb 10, 2008 @ 12:01:13

    Horas ma di hita sude

    Salam kenal Lae,
    senang hatiku melihat dedikasi Lae untuk kepentingan pelestarian lingkungan
    Aku tinggal di Jakarta Lae, tapi ikut juga sekadar memikirkan masalah lingkungan di Bonapasogit.

    RM

    http://ayomerdeka.wordpress.com/

    Balas

  27. Somba Mual
    Feb 10, 2008 @ 17:30:06

    halo, kok lama tak up-date?

    @ Somba Mual,
    Lagi sedang persiapan lae, Terima kasih telah mampir. Saya mau ke web lae juga nih.
    Horas.

    Balas

  28. Kel Nasman Sirait Surabaya
    Feb 14, 2008 @ 08:46:05

    Kami ucapkan ‘selamat’ atas kelahiran putri pertama br sirait yang telah lama dinantikan…. buat mamanya semoga lekas sehat,babynya juga cepat besar dan sehat…pasti banyak yang menyayangi krn lahir pas di hari kasih sayang…

    Oke,sekali lagi selamat ya…

    Salam dari Bryan dan Bethran buat Oppung yang lagi di Palembang….

    Balas

  29. Marihot Sirait
    Feb 15, 2008 @ 04:21:34

    Pada hari Rabu, 13 Feb 2008 pukul 22.00 Wib, Tuhan telah mengaruniakan seorang putri (anak pertama) bagi Pengelola Blog ini. Kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah mengabulkan doa kita, dan juga terima kasih kepada segenap pembaca Blog ini atas doanya selama ini. Semoga putri kami akan tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi masyarakat dan bangsa dan takut kepada Tuhan.
    Nama yang kami sediakan buat dia : Steffi Deborah Sirait.
    Semoga Tuhan memberkati kita semua.

    Balas

  30. Rondang br Siallagan
    Feb 15, 2008 @ 07:29:10

    Terimakasih banyak pemberitahuanya….dan “selamat atas kelahiran putri pertamanya”
    Salam.

    Balas

  31. Togar Silaban
    Feb 19, 2008 @ 04:11:08

    Selama kelahiran putrinya, semoga menjadi gairah baru dalam keluarga.
    Hebat Taman Eden 100. Bravo. Semoga terus bisa berkarya di Tapanuli.

    @ Togar Silaban,
    Terima kasih lae atas ucapannya. terima kasih telah mampir juga di web kita.

    Balas

  32. tanobatak
    Feb 20, 2008 @ 10:44:51

    Horas Lae.
    Kemarin saya jumpa lae Marandus di Dinas Pariwisata Tobasa. Saya tanya perkembangan taman Eden. Beliau sedang berusaha mencari kuda untuk dibeli sebagai alat transportasi menjelajahi Taman Eden. Bagus. Kalau sudah ada nanti saya akan menjelajah lebih banyak di Taman Eden. Tak apa kami duluan ya lae ? :D

    tanobatak,
    Tidak apa-apa duluan lae, tapi hati-hati kalau hodanya belum jinak lae.

    Balas

  33. sihar roni sirait
    Mar 01, 2008 @ 02:27:01

    horas bah..di appara …
    maju terus…
    saya mendukungmu..
    kira” apa yang bisa saya bantu ya untuk taman eden!!!

    @ sihar roni sirait,
    Horas ma tutu appara, didia do hamu maringanan? Mauliate di dukungan ni appara ate.
    Banyak yang harus kita buat untuk Taman Eden, dan terutama untuk Lingkungan kita masing-masing, yaitu kepedulian kita dalam menghijaukan hutan kita, bukan membabatnya seperti yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab itu. Mungkin appara bisa melihat begitu suramnya masa depan alam kita ini nantinya akibat ulah mereka yang hanya memikirkan untung sesaat, mereka tidak sadar dikemudian hari nanti generasi berikut akan mengalami kerugian dan penderitaan berkepanjangan.
    Horas.

    Balas

  34. Helmuth Ambarita
    Mar 03, 2008 @ 06:44:09

    Saya harap kita dapat bekerja sama tulang untuk saling tukar informasi dan link untuk meningkatkan kwalitas musik dan budaya halak hita. Mauliate Godang

    Balas

  35. Helmuth Ambarita
    Mar 03, 2008 @ 06:45:50

    oh ya kita punya situs, dan kunjungi kami di http://www.exalom.com

    @ Helmuth Ambarita,
    Oke lae, semoga musik dan budaya kita tetap lestari dan diminati oleh generasi muda. Situs lae sudah tautkan di situs kita ini. Mauliate Lae.

    Balas

  36. elisasirait
    Mar 09, 2008 @ 12:13:50

    salam kenal juga abang.. pertama, selamat dulu lah atas kelahiran anak abg n kk,,
    Bapakku tuh dari Porsea, oppung doli-nya dia (alias kakek buyutku) adalah abang dari Pdt. Kasianus Sirait, Ephorus Batak pertama HKBP.. kalo Mama boru Pasaribu, dari Tarutung.. Kalo tau HKBP Kota di Tarutung, dulu keluarga mama ku tinggal di sebelah gereja itu, oppung doliku (bapaknya mama) dulu kepala skolah SMA HKBPnya (tahun 60an kalo ga salah).. gitu lah bang,,

    Menurutku sangat bagus ketika kita masih peduli dengan asal kita, budaya kita.. I do care , but I just don’t know what to do.. Dengan mau tau kondisi dan keadaan daerah kita itu uda lebih baik daripada tidak mau tau sama skali, so I hope, makin banyak orang yang peduli dengan lingkungan dan budayanya..

    Mauliate godang..

    @ Elisa Sirait,
    Mauliate godang kembali ya ito. Salam sukses selalu.

    Balas

    • Grace
      Des 07, 2011 @ 18:46:59

      Hallo Elisa Sirait…
      Salam kenal dari saya.
      Nama saya Grace SIrait. Papa saya bernama STM.L.Sirait dan dia adalah anak kandung dari Pdt.Kasianus Sirait jadi saya adalah cucu dari Ompung Ephorus itu…
      Berarti kita masih saudara ya?
      Kalian yang Pdt.Johanes Sirait ya?
      GBU

      Balas

  37. Marudut p-1000
    Mar 11, 2008 @ 10:59:27

    Horas Lae, salam kenal.

    Aku sangat mengagumi keluarga besar sirait untuk menciptakan “taman eden”, sementara ada beberapa keluarga batak ( cukup berada di jakarta) malah menjual tanahnya di kampung . Alasan mereka, karena di kampung sudah tidak ada lagi yang menjaganya, dan yang mengherankan , sebagian uang hasil penjualan tanah itu malah dipakai membangun beberapa rumah di kampung tersebut untuk dikontrakkan. Kenapa mereka tidak pernah merasa cukup dengan apa yang telah mereka miliki?

    Mauliate, oh ya…selamat ya atas kehadiran bayi mungil di tengah-tengah keluarga lae.

    @ Lae Marudut P-1000,
    Mauliate lae atas kunjungannya. Iya, semakin banyak orang tidak mengerti apa yang dia kerjakan saat ini. Mudah2an Lae dan kita tidak termasuk seperti yang lae ceritakan diatas. Horas.

    Balas

  38. Tumpal Sirait
    Apr 07, 2008 @ 09:49:37

    Horas appara, selamat atas kelahiran boru kita walaupun sudah terlambat.

    Diingot langkamdo ahu, anakni oppu si Monang par aeknatolu. auma nomor 8. alai lulus SMP di Lumban Julu au langsing mangaranto tu Jakarta taon 89, saonari au karejo di PLN di Jakarta. Ito Maria tinggal di Muara enim do nasida, guru SMAN Muara Enim. molo adong kesempatan berkomunikasi ma hamu, ondo nomor HP:081373543935.
    Masiholdo ahu mulak tu huta alai molo mulak ahu tu aeknatolu pintor mago do sude sihol alana nungga godang perubahan jala dang adongbe kekompakan songon najoloi nitinggalhon. Mudah-muadahan aeknatolu semakin jaya.

    horas ma appara, nomor piga HP
    Tumpal P. Sirait, ST
    HP 08129906770

    Balas

  39. tumpal sirait
    Apr 07, 2008 @ 11:43:17

    horas appara molo adong foto-foto ni aeknatolu dsk naimbaru tolong jolo kirim tu emailhu.

    horas

    maju terus dan selamat berkarya.JBUs

    Balas

  40. Marihot Sirait
    Apr 08, 2008 @ 12:09:03

    @ Tumpal Sirait,
    Mauliate bah mampir di web ta on.
    Mudah-mudahan semakin maju hutanta ate.
    Takkas do hutanda hamu.

    Balas

  41. Parman Manurung
    Apr 24, 2008 @ 08:25:48

    Horas ma di Lae, Selamat atas kedatangan si kecil.
    Mauliate boi hami masuk to blog ni Lae on.
    Nga sude hujaha blok ni Lae on, las do rohakku, adong do hape halak kita boi menerima piala kalpataru.
    Maju terus, agro wisata rohani, taman eden 100, semua kita mendukung.

    Thanks, GBU

    Balas

  42. Martha saragih
    Mei 15, 2008 @ 10:18:19

    Alam merupakan anugerah Tuhan yang sangat indah buat kita kaum manusia. Dengan adanya alam kita dapat hidup dan memenuhi semua kebutuhan kita.
    So, kita harus menjaga alam n tetap melestarikan semua yang ada di dalamnya demi kelangsungan hidup manusia.
    INGAT!!!
    Jika alam atau lingkungan rusak atau tercemar, kita sendiri yang akan mengalami kerugiannya.

    Tidak ada salahnya kita ikut berpartisipasi dalam pelestarian alam dan lingkungan.

    Semangat!!!!
    KiTa pasti bisa!

    Balas

  43. Hariara
    Jun 06, 2008 @ 16:23:04

    Horas, Salam kenal.
    Bumi yang sedang terjun bebas menuju kebinasaan oleh keserakahan manusia butuh orang-orang seperti Lae.

    Salam n tetap Semangat!
    Hariara

    Balas

  44. sihar roni sirait
    Jun 13, 2008 @ 11:03:45

    di lumbanjulu do au maringan bah appara

    Balas

  45. ragidup
    Jun 21, 2008 @ 23:25:51

    horas ma jala gabe
    kami dari ragidup yang merupakan brand pakaian berisikan grafis yang berkaitan dengan Batak.
    Mulai dari sejarah, gaya hidup, budaya dan hal lainnya.
    Ini merupakan sebuah usaha yang di lakukan kepada kaum muda Batak khususnya
    untuk dapat mengenali, mempertahankan dan meneruskan unsur- unsur Bataknya,
    dan kepada masyarakat luas pada umumnya untuk dapat mengenali budaya Batak.
    Kita berharap semoga usaha ini dapat menjadi sebuah media yang dapat mempertahankan
    artefak budaya Batak.
    untuk dapat mengetahui lebih lanjut, dapat mengunjungi kami di

    http://www.ragidup.wordpress.com

    MAULIATE..

    Balas

  46. Barley B Sirait
    Agu 09, 2008 @ 23:51:36

    tarlmabat iba mamboto blog on, hape 24 jom iba di joloni komputer… horas appara, anggi ni A. Evan (Barmen) do ahu, sada angkatan ma ahu dohot si Masjon horas… horas… horas…

    @ Barley Sirait,
    Horas appara, mauliate ma nunga diboto lakkam blog ta on.
    Selamat bergabung ma, dan mohon ide dan saran-sarannya.
    Mauliate.

    Balas

  47. Singal
    Okt 18, 2008 @ 09:15:24

    Salam kenal lae, maju terus…horas.

    Balas

  48. Marihot Sirait
    Okt 18, 2008 @ 16:30:04

    Lae Singal Sihombing,
    Salam Kenal juga Lae.
    Terima kasih telah mampir.
    Horas!

    Balas

  49. Maulina br sirait
    Okt 31, 2008 @ 15:40:47

    Horas ito…salam kenal, akhirnya ketemu juga itoku ini , oh ya… ai boru aha do tahe Eda i ? selamat ya ito/eda…semoga adek itu cepat gede, berbakti sama orang tua taat ber agama jauh dari penyakit songon hata ni natuatua simbur magodang penggeng laho matua, mangarahon anak marsangab dohot boru martua marakkup sinadongan. Horas.

    Balas

  50. Marihot Sirait
    Nov 01, 2008 @ 08:51:37

    Horas Ito Maulina,
    Mauliate ito, alai ise do tahe ito, hurang tangkas huingot, par Lumbanrang do ito?
    Ia edamu ito, boru asli Palembang do.
    Mauliate ma ditangiang ni ito ate.
    Horas!

    Balas

  51. Leonard T. Sirait
    Nov 03, 2008 @ 19:02:23

    horas bang …, parjolo selamat untuk si kecil …

    Waktu kami kecil, orangtuanya bang Marihot ini sering ngantar jengkol ke kampung kami di Lumban Nabolon.

    Sudah lama dengar kabar tentang “taman eden” tapi baru tahun yang lewat terealisasi jalan-jalan ke taman tsb.

    Enak kali minum air yang keluar dari batu di air terjun itu …

    sukses ma ate bang …

    @ Apparaniba, Leonard Sirait,
    Ha ha ha …., ketahuan banyak jengkol di Taman Eden.
    Horas juga appara, ai ise do hamu tahe?
    Anak ni bapauda guru i do? Hurang jelas dipaboa lakkam poang.
    Mauliate ma ate.

    Balas

  52. Leonard T. Sirait
    Nov 04, 2008 @ 09:10:17

    Marihot :
    Horas juga appara, ai ise do hamu tahe?
    Anak ni bapauda guru i do? Hurang jelas dipaboa lakkam poang.

    Leo :
    Ido, anak ni guru … alai tumangkas ma molo hudok, anggi ni parkehutanan na di Lampung i (Lontas) … nunga hea hita ra pajumpang. Ai di Lampung hian do tahe Abang ?

    Nunga mantap blog ni abang on bah … alai lebih mantap dope ra molo adong foto-foto ni suan-suanan dohot air terjun i …

    selamat karejo ma jo ate bang …

    Balas

  53. RItool
    Nov 09, 2008 @ 18:34:04

    Taman Eden 100 , pelestarian alam , lingkungan hidup, agrowisata rohani ….. mmmm .. .. bagus sekali .

    Permisi , aku cantumkan alamat url blog ini di blog RItool ya lae !

    Horas !

    Balas

  54. Laston Nainggolan
    Nov 12, 2008 @ 16:05:25

    Suatu terobosan yang bagus dan jarang. Semoga semakin sukses.

    Balas

  55. Rondang br Siallagan
    Nov 17, 2008 @ 18:12:52

    Sudah beberapa bulan saya tidak kunjungi blog ini..saya lihat ada pembaharuan…Semoga sukses.
    Horas..

    Balas

  56. Jhonson Rivai
    Des 14, 2008 @ 21:47:11

    Horas Lae!
    Saya senang mendengar ada Taman Eden 100 ini,disamping wisata rohani juga ada wisata alamnya.
    Pulkam tahun ini saya pingin singgah disana karena bonpas saya di Siberia eh.. Siborong borong.
    Saya di Pulau Batam,yang banyak hanya wisata pantai lautnya.Jadi Taman Eden 100 ini sangat cocok buat keluarga apalagi anak anak.
    Semoga maju dan bertambah maju.

    GBU

    Balas

  57. sihol silitonga.
    Jan 20, 2009 @ 22:44:06

    nyaman sekali di taman eden udaranya sejuk

    Balas

  58. imelda Nadapdap-Jkt
    Jan 28, 2009 @ 21:20:10

    Tabo hiannn do nian di Taman Eden On

    Balas

  59. Bambang Sudiyono
    Feb 09, 2009 @ 11:38:18

    Info Penerjemah Resmi dan Tersumpah
    Menerjemahkan Ijazah, Raport, Akte kelahiran, dll.
    Untuk keperluan melanjutkan sekolah/bekerja di luar negeri.
    Materi bisa kirim via e-mail
    Hubungi:
    PT. Buana International
    BSD City sektor 1.3 Blok RC/3 Kav. Tiki JNE
    Bumi Serpong Damai – Tangerang Banten
    Telepon 021-5378009, 021-32713152

    http://penerjemahresmi.wordpress.com

    Kontak Person: Ibu Endah

    Balas

  60. Rudi Sitorus
    Mar 03, 2009 @ 22:52:06

    Selamat mengembangkan Taman Eden Bang…Bang bisa nanya kan? Masjon Sirait adek abang kan,dia dulu satu SMP ku di Lumban Julu…Tolong bang no Hp Masjon..Rudi sitorus,Jangga Dolok

    Balas

    • Marihot Sirait
      Mar 04, 2009 @ 08:51:21

      Lae Rudi,
      Ya lae, terimakasih. Kita bersama-sama membangun dan mengembangkan Taman Eden 100.
      Masjon adalah adek saya, dia sekarang bekerja di PTPN IV Bah Jambi.

      Balas

  61. masjon sirait
    Mar 14, 2009 @ 19:30:28

    horas rudi….hebat memang teknologi, di web ini kita bisa ketemu. Dimana tulang sekarang, emailku jonsirait@gmail.com. Atau mampir di facebook asa lebih mantap.

    Balas

  62. Anak Dokan
    Apr 24, 2009 @ 10:30:26

    sukses selalu untuk pengelola

    Balas

  63. Tumpal Sirait
    Mei 06, 2009 @ 13:08:45

    Horas, hubereng di halaman depan tgl 9 on konser LAMTAMA TRIO di Palembang, parendenai sada, apala sirait tadoi, saarisan da hami di jakarta.manjou udado ibana hutami.Molo panjumpang abang Marihot di palembang dokkonma tabe si UDA par DEPOK/PLN. Alana aupe nungga di pindah karejo tu Indramayu jadi nungga jarang panjumpang di arisan.
    Saonari au lagi Di China tugas belajar selama 2 bulan.

    Sahat tabe tusude angka keluargata.

    horas

    siraitparedangedang.

    Balas

  64. Jonsir
    Sep 18, 2009 @ 20:58:49

    Horas
    Aha do khabar appara di Toba, smoga sehat selalu ate !!
    terkejut manjaha adong penebar fitnah di website Tamaneden100 ( pertegahan bln Sept 09). kebetulan au dang pola sering online. Harapan nami sian pangaranto, tetap dijaga kelanggegan Tamaneden100.molo adong pe angka riak-riak kecil jangan terlalu di expose. Poda mandokkon: Marbisuk ma songon ulok, marroha songon darapati,laos mardalan ma songon Padati.

    Horas
    Frm: Putra Lumban Dolok-Hutanamora

    Balas

    • Marihot Sirait
      Sep 28, 2009 @ 09:06:54

      @ Jon sir,
      mauliate appara atas saran dan dukungannya.

      Balas

  65. nusantaraku
    Okt 03, 2009 @ 02:06:26

    Salam hangat,
    Terima kasih atas kunjungannya di blog saya.
    Terima kasih pula telah menambah referensi obyek wisata Indonesia.
    Salam nusantaraku.

    Balas

  66. masjon sirait
    Okt 04, 2009 @ 15:05:44

    Taman eden menjadi pioner dlm penyelamatan lingkungan

    Balas

  67. Harison sihotang
    Okt 19, 2009 @ 18:28:38

    Horas, Lae saya hanya mau tanya. Lae kenal nggak sama Leonard Sirait asalnya dari Lumban Julu jalan yang mau ke Hatinggian, adeknya ada yang bernama Devi rumahnya dekat gereja GPdi dia alumni SMT. Pertanian Negeri Pematang Raya Tahun 1992, jika kenal saya minta tolong lae kirim no. Hp nya atau kasih khabar, dia teman saya di Raya …Mauliate Parjolo.

    @Harison Sihotang,
    Horas lae, kebetulan saya tidak kenal dia lae, karena saya tahun 1992 sudah tidak disana lagi.
    Terimakasih lae telah berkunjung ke website Taman Eden 100.

    Balas

  68. Banua Simanjuntak
    Nov 17, 2009 @ 11:27:15

    Horas lae,
    boru Sirait do nahualap…. sian L.Julu Hatinggian…….
    denggan nai ide munaon lae mambahen Taman Eden 100 di huta…. sai adong ma tikki nadenggan boi hami (keluarga) ro tu huta pasombu sihol jala berkunjung tu Taman Eden 100.
    Mauliate lae.
    GBU

    Balas

  69. Mita Sirait
    Jan 13, 2010 @ 21:12:56

    Horas Bapa Uda,

    Saya lihat liputan tentang Taman Eden 100 di salah satu tv swasta baru2 ini. Wah, saya kagum sekali…. Semoga terus berkembang dan memberi inspirasi bagi orang-orang untuk memelihara lingkungan.

    Balas

    • Marihot Sirait
      Jan 14, 2010 @ 09:49:58

      @ Mita Sirait : Ya ito, terima kasih. Mudah2an semakin maju, dan mari kita bangun bersama-sama.

      Balas

  70. donald
    Feb 01, 2010 @ 17:39:23

    Horas,
    Saya dan teman-teman dari Medan Sudah pernah berkunjung dan menanam pohon di TAMAN EDEN 100. Kami sangat senang dan bangga bahwa kita bangsa batak ini juga ikut andil dalam melestarikan alam Indonesia. Jadi Orang Batak ga cuma dikenal yg jelek2nya aja.
    Kami dari Insan Pecinta Pariwisata Indonesia akan ikut serta dalam melestarikan dan memperkenalkan Pariwisata Indonesia termasuk TAMAN EDEN 100 ini.
    Salam Pariwisata.
    Mauliate

    Balas

  71. Katherine Nainggolan
    Jun 08, 2010 @ 00:38:13

    Ito Marihot Sirait yang terhormat,
    Saya bersama teman2 sekelas ketika SMA berencana untuk mengisi acara reuni kami setelah hampir 30 tahun berpisah dengan menanam pohon di Taman Eden 100 pada akhir Juli 2010 ini.
    Mohon informasi syarat2 yang harus kami penuhi untuk dapat berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan di taman yang Ito kelola.
    Apakah bibit pohon yang akan ditanam dapat kami beli di Taman Eden atau kami harus membawa sendiri bibit tersebut dan kalau memang kami harus membawa sendiri, jenis pohon apa yang disarankan untuk kami tanam? Mohon informasi yang lengkap melalui surel agar kami dapat melaksanakan rencana ini tanpa hambatan. Terimakasih.
    Horas.

    Balas

  72. ray
    Jun 26, 2010 @ 15:15:45

    horas….
    pelestarian lingkungan hidup, dengan memelihara taman eden..
    semoga taman eden dapat bertahan hingga selamanya..

    Balas

  73. rondang magdalena siallagan
    Jul 29, 2010 @ 19:52:34

    Hallo..apa kabarnya…lama saya tidak komunikasi..Saya harap sehat2 saja di Palembang..O ya..ada Uda saya di Palembang tapi tidak tahu alamat mereka..

    Balas

  74. thresia.ongge
    Jul 31, 2010 @ 17:43:10

    taman eden 100 akan semakin indah kalau satu lagi bunga anggrek hitam dari Papua berkembang di taman itu. Informasi, jika anggrek itu hendak diperoleh, banyak terdapat di pulau Biak kabupaten supeori selatan. Dijayapura juga terdapat anggrek tersebut, tetapidijual dengan harga yang culuup mahal. Semahal apapun, taman eden 100 harus mendapatkannya.

    Balas

  75. thresia.ongge
    Jul 31, 2010 @ 17:52:46

    saya ingin menyumbang anggrek hitam asal papua tersebut tetapi bagaimana caranya? soalnya taman eden 100 ada di sabang, saya ada di jayapura aduuuuhh jauhnya..

    Balas

  76. sam@sim-internasional
    Nov 02, 2010 @ 16:31:58

    maju terus tano batak…

    Balas

  77. albon lumbantobing
    Nov 18, 2010 @ 16:40:59

    saya anak asli org lumban rang……
    saya berharap taman edenmenjadi tempat wisata terbaik di sumut….
    klu bsa tlong la kolam renangnya dbagusindong?
    supaya klu blik kekampung bsa latihan berenang dsana?
    ne dri anak aslilban rang pahoppu op hembang sirait biasa dipanggil dlu op. unggal sirait alias A. bertua……

    Balas

    • Marihot Sirait
      Apr 23, 2012 @ 11:56:29

      @Albon Tobing, Mauliate. Anak ni ito si Rame do ho?

      Balas

  78. Rahman Sitorus
    Des 10, 2010 @ 15:47:48

    halo… lama tidak marsipar bereng2an, ijin bergabung, parbatas do hami parhonasan i, beha be do nungaen kabar mu dongan sahuta, mauliate. Hp. 081380185894

    Balas

  79. indah
    Mar 09, 2012 @ 16:06:59

    horas amang,,,au indah sian jakarta,,boi do dipaboa amang boha carana mandapothon bibit durian na tabo,,,
    molo na sai tabege durian sidempuan do na mantap,,
    boha menurut amang,
    mauliate

    Balas

  80. Sudirman Napitupulu
    Apr 23, 2012 @ 11:33:10

    Ada gak Rekening Bank yang bisa digunakan untuk orang yang ingin mendonasi-membantu pelestarian taman eden ini?
    saya ingin bermaksud ikut mempromosikannya. mauliate

    Balas

    • Marihot Sirait
      Apr 23, 2012 @ 11:51:34

      Pak Sudirman Na70, terima kasih atas partisipasinya pak. Kami sangat berterimakasih apabila bapak ikut berperan dalam biaya utk pelestarian dan pemeliharaan alam lingkungan, donasi dapat dikirim ke Pengelola website Taman Eden 100 ini di Rek BNI No. 0082565737 a/n Marihot Sirait. Mauliate

      Balas

  81. Jefri Nababan
    Jul 01, 2012 @ 13:53:19

    Sangat menginspirasi, saya akan berusaha untuk ikut memperkenalkan Agrowisata Taman Eden 100. Semangat selalu..

    Balas

  82. Ketty
    Okt 25, 2012 @ 12:02:38

    Horas…saya mau nanya nih..kalau dari parapat ke taman eden, nyebrang dari mana yah? karena penasaran dengan taman eden dari cerita teman saya. tks.

    Balas

    • Marihot Sirait
      Okt 26, 2012 @ 20:37:44

      Dari parapat naik mobil jurusan balige atau porsea , jarak taman eden dari parapat kl 17 km.

      Balas

  83. Charles Bonar Sirait
    Agu 28, 2013 @ 13:58:19

    Horas Appara Selamat & Sukses untuk Taman Eden. Salut atas kegigihan appar saya dengan akan mengembalikan KALPATARU sebagai bentuk protes kepada pemerintah. Salut!!

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

TAMAN EDEN 100

Nuansa Hutan Alami, Aneka Jenis Pohon, Alam Bebas, Treking, Air Terjun, Gua Kelelawar, Camping Ground, dll. ( kec. lumbanjulu. kab. tobasa. north sumatra, indonesia)

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: